FAKULTAS KEHUTANAN

Hutan adalah cumber devisa Indonesia terbesar setelah minyak bumf. Tetapi pengambilan kekayaan yang berlebihan tanpa disertai penanaman kembali mengandung resiko yang sangat besar bagi kelestarian alam yang sudah tentu akan mengancam kehidupan-kehidupan di sekitarnya termasuk umat manusia.

Karena itu pengelolaannya harus baik dan terarah. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan kehutanan yang lengkap dan tinggi.

Fakultas kehutanan mendidik talon-talon sarjana yang dituntut mampu menguasai ilmu tumbuh­tumbuhan tropis, mampu menguasai cara pengolahan hutan yang baik termasuk pemanfaatannya serta mengetahui cara pengelolaan dan pengolahan hasil hutan untuk kesejahteraan manusia. Reboisasi hutan atau penanaman hutan kembali adalah ilmu yang relatif masih baru yang kini diajarkan di fakultas perhutanan.

Dengan dilaksanakannya reboisasi diharapkan kelestarian hutan akan terjamin dan ini mencegah erosi yang berlebihan yang dapat merusak Iingkungan sekitarnya. Dengan demikian juga berarti kita telah menanam investasi kembali ke dalam hutan untuk kelak dimanfaatkan oleh generasi mendatang.

Terdapat dua jurusan profesi kehutanan yaitu jurusan manajemen hutan dan jurusan hasil hutan. Kedua jurusan ini dibedakan oleh spesefikasi pelajaran yang diberikan. Kalau manajemen hutan lebih banyak mempelajari cara pengolahan hutannya maka jurusan hasil hutan lebih terarah pada jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan baik batangnya maupun seratnya.


Lapangan pekerjaan yang mungkin ditempuh bagi lulusan fakultas kehutanan antara lain di departemen pertanian, perdagangan, perindustrian, transmigrasi, pendidikan dan kebudayaan (staf pengajar) dan juga di lembaga-lembaga penelitian seperti Lembaga Penelitian Hasil Hutan (LPHH), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Lembaga penelitian tanamanan tropis (BIOTROP) ataupun di Pelestarian dan Perlindungan Alam (PPA).


Badan usaha pemerintah yang mungkin dimasuki oleh lulusan perhutanan adalah PT. PERHUTANI, BRI, Bank Ekspor Impor dan bank-bank lainnya ataupun pada proyek pemerintah seperti proyek reboisasi hutan. Bidang pekerjaan lain adalah yang berhubungan dengan swasta seperti pada perusahaan pelaksanaan Hak Penguasaan Hutan (HPH), pelaksanaan pembukaan hutan untuk transmigrasi (kontraktor) ataupun pada biro konsultan yang berhubungan dengan masalah perhutanan.

0 komentar:

Posting Komentar