FAKULTAS PETERNAKAN

Berbeda dengan kedokteran hewan, fakultas peternakan menitikberatkan pelajarannya pada pertumbuhan dan perkembangan ternak meskipun tidak dapat dipisahkan dari kesehatan ternak. Bidang ilmu peternakan lebih banyak berbicara tentang ilmu peningkatan produksi ternak, manajemen dan tata niaga peternakan serta membuat makanan ternak yang sehat dan bernilai gizi tinggi.

Dalam pendidikannya, pengetahuan ternak yang diajarkan menyangkut ternak-ternak yang mempunyai prospek baik untuk menunjang perbaikan gizi rakyat Indonesia, dan tentunya ternak-ternak yang sesuai dengan iklim tropis.

Diatara ternak yang ada maka sapi, kerbau, kambing, domba, dan ayam dianggap sebagai ternak yang mempunyai prospek cerah, karena itu pelajarannya lebih banyak menyangkut ternak-ternak tersebut. Jurusan yang terdapat didalamnya yaitu : jurusan ilmu produksi ternak, ilmu nutrisi & makanan ternak, sosial ekonomi peternakan dan teknologi hasil ternak.

Bidang Pekerjaan yang dapat dimanfaatkan bagi jurusan ini adalah departemen-departemen seperti pertanian, perindustrian, perdagangan, koperasi, pendidikan dan kebudayaan, dan di lembaga penelitian, seperti lembaga penelitian ternak, LIPI, BPPT, Balai Pendidikan dan Latihan Penyuluh pertanian (BPLPP).

Pada badan usaha pemerintah lulusan fakultas peternakan dapat bekerja pada proyek pemerintah seperti BIMAS/INMAS dan koperasi Unit Desa. Sektor swasta yang mungkin dimasuki adalah peternakan-peternakan ayam, sapi, domba, dan industri obat-obat ternak atau industri makanan ternak juga pada biro konsultasi yang berkecimpung dalam masalah peternakan.

0 komentar:

Posting Komentar