ILMU MAKANAN TERNAK

Jurusan ini semata-mata berbicara tentang makanan ternak baik ternak daging, perah maupun petelur. Untuk mendapatkan produksi ternak yang baik dibutuhkan makanan yang sehat yang bernilai gizi tinggi. Untuk itu perlu diketahui karakteristik dari masing-masing' hewan ternak terutama dalam perencanaanya.

Kemudian dibutuhkan juga pengetahuan tentang bahan-bahan makanan ternak serta susunan Kimia makanan ternak. Begitu pentingnya ilmu makanan karena melalui makanan yang lengkap dan terawat baik kita dapat menentukan tingkat produksi yang tinggi dan kondisi kesehatan yang baik.

Begitupun untuk mengetahui makanan ternak yang didapat dari alam seperti rumput dan daun­daunan, diberikan pelajaran ilmu tanaman makanan ternak, secara khusus diberikan jenis-jenis pengenalan species, serta pengenalan manfaat hijauan yang berasal. dari sisa pertanian dan pohon perdu.

Mata pelajaran yang diberikan di sini adalah ilmu makanan ternak umum, ilmu Kimia makanan, ilmu pengetahuan bahan makanan ternak, tanaman makanan ternak, ilmu pengetahuan ternak, tata laksana padang pengembalaan dan padang rumput alam, ilmu tanaman makanan ternak, ilmu makanan unggas, ilmu makanan ternak perah dan ilmu makanan ternak daging serta makanan ternak tenaga (kuda, kerbau dan lain-lain).

Jurusan yang setara, tercakup atau berkaitan adalah ilmu gizi ternak.

0 komentar:

Posting Komentar