ILMU PRODUKSI TERNAK

Jurusan ini memberikan pendidikan tentang bagaimana mengembangkan ternak terutama sapi, domba, kerbau, kambing dan unggas (ayam) dengan cepat.


Untuk itu diperlukan pengetahuan tentang sifat khusus, adaptasi dan penyebaran dari masing-masing jenis hewan ternak tersebut. Juga diberikan cara-cara memilih dan menyeleksi daging sapi potong, kerbau, kambing, domba, dan kelinci berdasarkan bentuk luarnya.


Karena ada hubungan dengan fungsi-fungsi dan sifat-sifat ternak daging. Pengetahuan lain yang sangat bermanfaat dari jurusan ilmu produksi ternak ialah pengetahuan tentang unsur-unsur pokok usaha peternakan, faktor yang mempengaruhi usaha peternakan, catatan dan tata buku usaha peternakan, analisa pendapatan, perencanaan, dan biaya peternakan serta kapita selekta, kesemuanya ini terhimpun dalam mata ajaran ilmu usaha peternakan.


Mata pelajaran lainya adalah genetika, tata niaga peternakan, ilmu produksi ternak daging dan perah, hukum agraria, penyuluhan, teknologi hasil ternak, pemuliaan ternak, ilmu tilik ternak daging dan perah, politik peternakan dan undang-undang veteriner.

Dalam beberapa perguruan tinggi jurusan ini masih dibagi lagi ke dalam ilmu produksi ternak daging, ilmu produksi ternak perah dan ilmu produksi unggas.

0 komentar:

Poskan Komentar