MANAJEMEN HUTAN

Dalam jurusan ini dipelajari pengetahuan tentang pengolahan hutan yang mencakup pengelolaan sumber dayanya dan pengelolaan hutan aliran sungai melalui hutan yang bersangkutan. Hal ini sangat penting karena hutan-hutan tanpa pengelolaan yang terarah dan terus menerus akan mengakibatkan kerusakan hutan dan lingkungan sekitarnya.


Disini terutama dipelajari pengelolaan hutan yang dilindungi oleh undang-undang yang disebut "hutan lindung". Dalam pengelolaan hutan lindung ini diperlukan pengetahuan-pengetahuan tentang jenis-jenis satwa yang terdapat didalamnya, hama-hama hutan, pemuliaan pohon hutan, penyakit hutan dan pembinaan margasatwa.

Mata pelajaran yang diajarkan adalah ilmu tanah hutan, metode statistika, geodesi, dendrologi, silvika, silvikultur, ekonomi perhutanan, ekologi hutan, perlindungan alam dan pembinaan margasatwa, politik perundang-undangan hutan, manajemen hutan, hama hutan, manajemen daerah aliran sungai, penyuluhan perhutanan, pengelolaan sumber-sumber alam, pemuliaan pohon-pohon hutan, administrasi hutan dan pembinaan margasatwa.

0 komentar:

Posting Komentar