FAKULTAS PERTANIAN

Pertanian disini diartikan dalam arti yang sempit yaitu menyangkut tumbuh-tumbuhan saja. Di seluruh perguruan tinggi di Indonesia fakultas pertanian merupakan fakultas tersendiri yang mempelajari ilmu-ilmu tentang tumbuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tetapi beberapa perguruan tinggi juga mempunyai jurusan baru, yang mempelajari tentang sosial dan ekonomi pertanian dan statistika pertanian.

Dari fakultas ini akan di dapat pengetahuan-pengetahuan tentang tehnik tentang bercocok tanam yang efektif clan efesien, perencanaan tanaman dan pemeliharaannya, penanggulangan hama dan penyakit tanaman, penguasaan terhadap hara tanah yang bermanfaat bagi pertanian, penguasaan terhadap pengetahuan sifat-sifat unsur-unsur iklim sehingga kita mampu menentukan jadwal tanam yang tepat, dan banyak lagi pengetahuan-pengetahuan teori maupun praktek yang berguna bagi perkembangan pertanian.

Dibeberapa perguruan tinggi yang lengkap staf pengajar dan fasilitas pendidikannya, ilmu pertanian diajarkan sebagai profesi ilmu yang utuh dalam jurusan-jurusan Agronomi, ilmu tanah (tanah pertanian atau lahan), ilmu hama dan penyakit tanaman, ilmu-ilmu sosial dan Ekonomi pertanian, Botani, ilmu pengetahuan alam, ilmu kesejahteraan keluarga pertanian dan statistika dan komputasi (pertanian). Tetapi ada beberapa perguruan tinggi yang mengajarkan ilmu pertanian secara umum tanpa membaginya dalam profesi-profesi yang utuh karena terbatasnya staf pengajar dan fasilitas pendidikan. Dalam hal ini perguruan tinggi bersangkutan mengajarkan profesi ilmu yang ada dengan bobot yang sama

Bidang pekerjaan yang dapat ditempuh setelah menyelesaikan studi difakultas pertanian terutama adalah di departemen-departemen seperti pertanian, perdagangan, transmigrasi, agraria, koperasi, pendidikan dan kebudayaan (staf pengajar ilmu yang sama) dan lembaga-lembaga penelitian seperti Lembaga Penelitian Pertanian (LPP), Lembaga Penelitian Holtikultura (LPH), Lembaga Penelitian Tanaman Industri (LPTI), Lembaga Penelitian Tanaman Tropis (BIOTROP), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (UPI), Balai penelitian pertanian (BPP), Balai Pusat Penelitian dan Pengmbangan Gula (BP3G), Pendidikan & Latihan Penyuluhan Pertanian (BPLPP), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan lain-lain. Bidang pekerjaan utama antara lain adalah badan usaha-badan usaha milik pernerintah Seperti Badan Urusan Logistik (BULOG), PT. PERTANI, Perkebunan (PNP/PTP), Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau proyek-proyek pemerintah seperti BIMAS/INMAS dan Koperasi Unit Desa (KUD), demikian juga disektor swasta tenaga ahli pertanian cukup dibutiihkan seperti pada perusahaan perkebunan swasta, perusahaan peptisida, biro konsultasi dan sebagainya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank's gan infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

Posting Komentar