AGRONOMI


Ilmu agronomi membicarakan tanaman mulai sejak ditanam sampai panen dan dikenal sebagai induk dari ilmu pertanian. Pada tingkat-tingkat permulaan dipelajari tentang dasar-dasar agronomi,pemuliaan tanah, teknologi benih, dan ekologi tanaman. 

Tingkat selanjutnya keempat ilmu tersebut diperdalam dan ditambah tentang pengertian dan jenis-jenis tanaman seperti tanaman setahun, gulma serta mempelajari pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Untuk mndapatkan jenis­jenis tanaman unggul dalam arti kualitas dan kuantitas diajarkan cara-cara penelitian tanaman dengan dasar-dasar pengetahuan hara tanah, hubungan air dengan tanaman, sifat-sifat tanaman bersangkutan dan juga diajarkan berbagai cara dan praktek pembiakan vegetatif tanaman. 

Selain itu di Agronomi ada mata pelajaran arsitektur pertamanan yang mendalami masalah-masalah taman seperti perencanaannya, prinsip desain, elemen disain serta juga perencanaan administratif seperti biaya, jaringan kerja, persyaratan dan uraian teknis dan lain sebagainya. 

Arsitektur pertamanan merupakan salah satu cabang Agronomi yang saat ini banyak menarik minat. Jurusan yang setara atau tercakup ke dalam agronomi antara lain pemuliaan tanaman.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

PTN apa saja yang ada fakultas Agronominya khususnya yg di pulau jawa?

Posting Komentar