FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN

Dalam fakultas ini dipelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan anatomi hewan dan penyakit­penyakit hewan. Sesuai dengan nama fakultasnya, sarjana yang ditelorkan dari pendidikan ini dikenal dengan nama dokter hewan.

Kedokteran hewan bukan saja membahas tentang penyakit-penyakit hewan dan penanggulangannya tetapi juga mempelajari tentang reproduksi hewan dan inseminasi buatan, kesehatan masyarakat veteriner (misalnya pembahasan tentang susu yang sehat atau daging hewan yang baik), penjagaan kesehatan hewan (seperti pembahasan makanan yang salah perlakuan yang dapat menimbulkan penyakit hewan) dan lain sebagainya.

Keahlian sebagai dokter hewan sangat berguna bagi perkembangan peternakan untuk konsumsi masyarakat, dan juga bagi penggemar­penggemar binatang yang banyak bermunculan sejalan dengan peningkatan penghidupan.

Perkembangan ilmu kedokteran hewan bukan hanya sampai cara penanggulangan penyakit yang semakin baik, tetapi kini telah ditemukan untuk mencegah timbulnya penyakit dengan penyuntikan.

Sebagaimana pada fakultas pertanian, kedokteran hewan juga mengenal jurusan-jurusan ilmu yang diajarkannya.Tetapi jurusan-jurusan ini belum mantap untuk dikatakan sebagai profesi dalam ilmu kedokteran hewan.

Jurusan-jurusan ilmu tersebut adalah zoologi, reproduksi, fisiologi , farmakologi, Biokimia, ilmu penyakit hewan dan kesehatan masyarakat veteriner dan klinik veteriner. Karena jurusan­jurusan ini belum mantap sebagai profesi maka pendidikan kedokteran hewan masih dilakukan secara umum artinya setiap jurusan yang ada diberikan kepada siswa dengan bobot yang sama.

Keterangan tentang jurusan hanya diberikan dalam bentuk mata pelajaran yang diajarkan dalam jurusan bersangkutan.

Bidang pekerjaan yang tersedia bagi dokter hewan kelak adalah pada departemen-departemen : pertanian, perindustrian, pengendalian mutu daging dan susu, perdagangan, pendidikan dan kebudayaan (staf pengajar) dan pada lembaga penelitian ternak (LPT), LIPI, Pelestarian dan Perlindungan Alam (PPA), Pusat penelitian dan pengembangan ternak yang bekerjasama dengan Australia (Colombo Plan) dan lembaga penelitian.

penyakit hewan, di sektor swasta lulusan kedokteran hewan dapat bekerja di industri obat hewan, peternakan-peternakan ayam atau sapi maupun domba ataupun dapat membuka praktek sendiri.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

URGENTLY NEEDED! LATEST ON DECEMBER 31th, 2014
FIELD VETERINARY
Region : BATAM, PELEMBANG, KALIMANTAN
Required Residency : BATAM, PALEMBANG, KALIMANTAN
Posted by : HR Gold Coin Indonesia
Expiry Date : 31 December th 2014

Established in Singapore in 1953, Gold Coin is a pioneer in animal nutrition and the manufacturing of scientifically balanced animal feed within Asia. Gold Coin is today one of the largest privately owned agribusinesses in the Region, employing 2,400 people throughout 23 production facilities, across 9 countries.
Gold Coin is Asian Multinational with industry-leading businesses in Healthcare, Pharmaceutical Distribution and Agribusiness, generating a combined annual turnover of approximately US$12 billion and employer to 13,000 people.
Requirement and Qualification :
Directly report to Senior Sales Manager and functionally report to Country Technical Manager. This position will support company business on poultry disease solution.
• Male / Female
• Bachelor degree with major Veterinary from reputable university (preferable with Vet Profession)
• Min GPA 2,75
• Knowledgeable in Poultry diseases
• Adaptive, Solid teamwork, Discipline, and Good Communication skill
• Strong analytical and problem solving
• Computer Literate (Ms Office)
• Able to communicate in English both oral and written (min passive)
• Posses of Car Driving Licence
• Willing to travel
Send your resume to:
reza.kp@goldcoin-id.com
Cell phone 0853 2300 1400 (For Information)
Write subject with code : FV
Must to write subject email with position code target
Resume not more than 200 KB
www.goldcoin-group.com

Posting Komentar