SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (Agrobisnis)

Jurusan ini memberikan pelajaran tentang pemecahan-pemecahan masalah-masalah sosial dan ekonomi baik yang bersifat mikro maupun yang bersifat makro yang terjadi di lingkungan masyarakat pertanian.

Persoalan ini semakin penting, karena betapapun perkembangan pertanian ternyata tidak bisa lepas dari masalah sosial dan ekonomi sekitarnya. Untuk memahami semua ini tentu diperlukan pengetahuan tentang sosiologi (masyarakat) pedesaan, ekonomi pedesaan dan ekonomi pertanian yang berkait dengan perekonomian nasional dan tidak kalah pentingnya pengetahuan tentang psikologi masyarakat desa (dianggap mewakili masyarakat pertanian).

Mata pelajaran yang dipelajari, antara lain ialah ekonomi umum, dasar-dasar manajemen, psikologi pedesaan, ekonomi pertanian, kependudukan, usaha tani, penyuluhan, koperasi, tataniaga pertanian, politik pertanian dan lain-lain.

Untuk masyarakat pertanian yang mempunyai tingkat sosial ekonomi yang mampu menunjang pengembangan pertanian tentunya perlu diketahui tingkat sosial dan ekonomi pada saat ini.

Metode penelitian sosial adalah salah satu mata ajaran yang sangat penting tentang cara-cara penelitian dalam masyarakat pertanian yang mencakup metode experimen, metode lapangan, penggunaan data sekunder dan sensus serta masalah dan hipotesa dalam penelitian yang mencakup perumusan masalah, perumusan hipotesa dan hipetesa sebagai penelitian serta juga metode pngumpulan data dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar