TEKNIK ELEKTRO

Adalah cabang ilmu pengetahuan yang memusatkan perhatian pada segala sesuatu tentang listrik, meliputi kegiatan-kegiatan : perancangan konstruksi dan cara penggunaan peralatan-peralatan listrik untuk berbagai macam tujuan. Mulai dari menggerakan, menyalurkan dan mendistribusikan tenaga listrik, untuk telekomunikasi (televisi, radar dan sebagainya) sampai dengan komputer elektronik.

Karena luasnya ruang lingkup elektronik ini, ada beberapa spesialisasi dalam jurusan elektronik, seperti : teknik tenaga listrik, telekomunikasi, elektronika, sistem kendali, dan teknik komputer (Elkonter).

Kurikulum jurusan elektronik selain meliputi mata kuliah dasar seperti: Matematika dan Fisika, juga mata kuliah elektronik sendiri seperti : rangkaian listrik, teori medan, elektronika, mesin arus searah, pusat tenaga termal, jaringan telekomunikasi, trasmisi daya arus bolak balik dan sebagainya. Baru pada tingkat-tingkat terakhir diberikan mata kuliah berdasarkan spesialisasi-spesialisasi yang disebutkan diatas.

Lapangan pekerjaan bagi sarjana Elektronik tersedia pada berbagai perusahaan industri, pada pabrik-pabrik untuk merancang, mengatur dan mengawasi penggunaan tenaga listrik, pada industri elektronika, pada unit-unit telekomunikasi juga pada pusat tenaga listrik di berbagai tempat di Indonesia, di LEN (Lembaga Elektronika Nasional), PLN dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar