TEKNIK INFORMATIKA

Teknik informatika adalah sebuah jurusan yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan densan tranformasi atau pengolahan fakta simbolik melalui komputer. Jurusan ini bertujuan untuk menciptakan tenaga ahli pemanfaatan komputer dalam bidang aplikasi, menguasai teknik dan metode menyelesaikan masalah siezgan memakai komputer, mampu merancang, menerapkan dan mengembangkan sistem berbasis komputer. Dalam melakukannya ditempuh dengan menggunakan proses-proses logika dalam taraf yang sangat canggih. Ciri dominannya adalah logika dan sistematika.

Secara umum komponen dasar ilmu ini adalah perangkat keras, perangkat lunak, teori informatika, matematika komputasi, dan aplikasi. Pada program ini komponen perangkat keras hanya merupakan bagian kecil saja.

Ada berapa bidang keahlian yang bisa dipilih yaitu : komputasi, sistem manajemen informasi, jaringan komputer (computer networking) & sistem tersebar, dan grafik & intelegensi buatan.

Mata kuliah yang dipelajari : Matematika (algoritma, probabilitas, matriks dan vektor, kalkulus, logika matematika), Fisika, Kimia, dan mata kuliah informatika (basis data, model & simulasi, arsitektur komputer, rekayasa software, sistem pakar, jaringan petri).

Lulusannya dapat bekerja pada dunia industri hardware seperti IBM, industri software, biro jasa komputer, perusahaan telekomunikasi, lembaga penelitian dan lembaga pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar