TEKNIK MESIN

Merupakan ilmu pengetahuan terapan tentang perancangan, konstruksi dan operasi dari berbagai macam alat-alat industri dan mesin-mesin, yang bergerak dengan proses mekanis. Teknik mesin berurusan dengan berbagai alat mekanis, mulai. dari mesin-mesin angkut yang besar, sampai dengan mesin bor dokter gigi yang kecil.

Sebagai ilmu pengetahuan, teknik mesin dapat dikatakan studi lanjutan dalam penerapan prinsip¬prinsip Fisika, termasuk mekanika dan Matematika yang dipelajari di sekolah lanjutan. Oleh karena itu jelas bahwa teknik mesin membutuhkan pengusaan yang baik dalam ilmu-ilmu tersebut.

Kurikulum jurusan teknik mesin antara lain meliputi mata kuliah dasar (Fisika, Matematika) kemudian dasar-dasar teknik mesin seperti : menggambar mesin, teknologi mekanik, perawatan mesin, proses produksi, kinematika, ilmu logam pemindahan panas dan beberapa mata kuliah yang lebih khusus seperti : teknik pengecoran, teknik pengelasan dan sebagainya.

Lapangan kerja bagi lulusan pendidikan teknik mesin antara lain : pada berbagai industri, untuk perancang, mengatur dan mengawasi proses-proses mekanis dan proses pemindahan panas dalam mesin-mesinnya : pada industri-industri perakitan mobil atau mesin-mesin pertanian, juga pada instansi¬instansi pemerintah seperti : Departemen perindustrian, PJKA dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar