ILMU KOMPUTER

Merupakan disiplin ilmu yang mempelajari proses rekayasa, teknik dan metode penyelesaian rnasalah dengan bantuan komputer.

Untuk menyiapkan mahasiswa memasuki profesi di bidang komputer, mereka dianjurkan untuk mengambil mata kuliah dengan minatnya. Bidang minat yang ditawarkan: Teknologi Perangkat Lunak (keamanan informasi, sistem interaksi, dan teknik kompulator) ; Komputasi Ilmiah (pengolahan citra, machine learning, komputasi numerik) ; Arsitektur Komputer (mikoro-elektronika, rancangan sistem digital, dan sistem real-time); serta Sistem Informasi (knowledge management, mobile technology, manajemen sistem informasi, dan teknik multimedia).

Mata kuliah yang diajarkan antara lain yaitu algoritma dan pemrograman, dasar-dasar matematika untuk ilmu komputer, basis data, sistem operasi, jaringan komputer, dasar-dasar arsitektur komputer, teori komutasi, rekayasa perangkat lunak, serta perancangan dan pemrograman web.

Lulusannya bisa bekerja di berbagai perusahaan nasional dan multinasional yang bergerak di bidang IT, perbankan, penerbitan, dan asuransi yang biasanya menempati posisi system analyst, manajer IT, peneliti, pengembang web, administrator database, dan software engineer. Atau bisa juga di institusi pemerintahan seperti Departemen Komunikasi dan Informasi, atau di perguruan tinggi.

Menurut penelitian dari Pusat Data Analisis Tempo, ribuan sarjana lulusan IT dan ilmu komputer pada tahun 2011 akan terserap setiap minggunya.

0 komentar:

Posting Komentar