TEKNIK PERKAPALAN

Merupakan cabang teknologi yang memusatkan perhatian pada dua masalah pokoknya yaitu : masalah tentang mesin-mesin kapal dan masalah tentang bangunan kapal itu sendiri, pengetahuan tentang mesin kapal tersebut antara lain meliputi : perancangan, konstruksi, pengoperasian dan perawatan mesin-mesin penggerak kapal laut. Sedangkan ilmu pengetahuan tentang bangunan kapal meliputi : pengetahuan tentang karakteristik fisik dan struktur alat transportasi yang bergerak dalam air. Dalam teknik perkapalan ini dibutuhkan pengetahuan teknik serta daya imajinasi yang kreatif.

Dalam kurikulum jurusan teknik perkapalan diberikan mata kuliah-mata kuliah tentang teknik mesin dan cabang-cabang mekanika yang berhubungan dengan fluida, seperti : Mekanika fluida, hidrodinamika, dan sebagainya, selain itu juga mata kuliah yang berhubunngan dengan operasi dari suatu kapal seperti pemuatan kapal-kapal barang. Peraturan-peraturan tentang operasi dan keamanan kapal dan sebagainya.

Lapangan kerja bagi sarjana teknik perkapalan ini antara lain dalam industri galangan perkapalan, juga pada dok galangan kapal di pelabuhan dan pada perusahaan-perusahaan angkutan laut, atau pada instansi pemerintah seperti Direktorat Jendral perhubungan laut, ALRI dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar