TEKNIK METALURGI

Merupakan suatu cabang ilmu yang memusatkan perhatian pada produksi metal (logam) dan alloy (campuran logam) ; pada pengolahan metal dan alloy tersebut agar dapat dimanfaatkan, serta pada penempaan metal dan alloy dalam proses-proses kerjanya.


Secara garis besarnya Metalurgi dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu : Metalurgi Ekstraktif (proses), yang berurusan dengan produksi metal dan metalurgi fisik yang menyelidiki efek dari komposisi dan pengolahan struktur metal, serta hubungan antara struktur metal tersebut dengan sifat-sifat metalnya.


Metalurgi proses/Ekstraktif menjadi bagian dari jurusan pendidikan Metalurgi yang ada sekarang ini di Indonesia sebenarnya merupakan jurusan Metalurgi fisik.


Mata kuliah yang diberikan pada jurusan Metalurgi fisik antara lain : teknologi mekanik, ilmu logam, teknik pembentukan logam, teknik pengelasan logam dan sebagainya.


Lapangan kerja bagi lulusan pendidikan metalurgi fisik ini terdapat pada industri-industri pengolahan logam dan industri pembuatan alat seperti PT. Barat Surabaya, industri otomotif, manufaktur, alat berat, tambang, serta minyak dan gas.

0 komentar:

Posting Komentar