BIOLOGI

Adalah ilmu yang mempelajari aneka ragam jasad hidup ditinjau dari segi reka bentuk, fungsi, penyebaran, tingkah laku, perkembangan serta pengaruh lingkungan terhadapnya.

Pada mulanya, Biologi hanya mempelajari jasad hidup yang sudah ditelaah, seperti: Morfologi, Fisiologi, Taksonomi, dan Ekologi. Tetapi setelah penemuan mikroskop, Biologi mampu mempelajari bidang-bidang yang pelik, dari jasad hidup, diantaranya penyelidikan Biologi sel dan molekuler yang maju dengan pesat.

Kurikulum pendidikan sarjana Biologi meliputi antara lain : genetika, anatomi, embriologi, fisiologi, mikroteknik, mikrobiologi, ekologi, evolusi, patologi, parasitologi, dan sebagainya.

Sarjana lulusan Biologi banyak dibutuhkan oleh :

laboratorium-laboratorium farmasi rumah sakit (laboratorium klinis), LIPI (Puslitbang Biologi, Oseanologi, Bioteknologi), Puslitbang Ekologi dan Kesehatan Depkes, Puslitbang Pertanian Deptan, Puslitbang Hasil Hutan Dephut, Puslitbang Hutan dan Konservasi Alam Dephut, Puslitbang Perikanan Deptan, Puslitbang Penyakit Menular Depkes, Lembaga Biologi Nasional LIPI, BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional), Herbarium Bogoriense, Batan, Bulog, Bappenas, Survey Riset Indonesia, berbagai lembaga penelitian dan konservasi lingkungan seperti WWF, Conservation International, Bapedal, Yayasan Terumbu Karang Indonesia, dan lain-lain.

Bisa juga di lembaga-lembaga pendidikan seperti: ITB, UNPAD, UGM, UI, UNAIR, dan sebagainya.

Selain itu, sarjana lulusan Biologi juga dapat bekerja di berbagai industri makanan dan minuman, industri farmasi dan kimia, kosmetika dan klinik kesehatan, serta berwiraswasta di bidang perkebunan dan perikanan. Pada saat ini permintaan akan tenaga ahli Biologi belum terpenuhi.

0 komentar:

Posting Komentar