TEKNIK GEOLOGI

Adalah cabang teknologi yang berupa penerapan ilmu geologi untuk kepentingan pemanfaatan sumber daya alam dan penanggulangan bencana alam.

Teknik Geologi ini meliputi pengetahuan tentang bumi serta pemanfaatannya dalam pencarian sumber-sumber energi dan bahan galian, juga pemanfaatan untuk kepentingan pembangunan (bangunan jalan raya, bendungan dan sebagainya) dan pemanfaatan untuk penanggulangan bencana alam (ledakan gunung berapi, banjir dan sebagainya).

Dalam kurikulum Teknik Geologi banyak diberikan mata kuliah ilmu geologi seperti : Kristalografi & Mineralogi, Palaentologi (tentang fosil), Petrologi, Vulkanologi dan sebagainya. Dan mata kuliah Geologi terapan seperti : Geologi Ekonomi, Geologi minyak bumi, Geologi batubara Geologi teknik, ekonomi mineral dan sebagainya.

Lapangan kerja bagi lulusan Geologi antara lain : dalam bidang:usaha pertambangan (pemerintah maupun swasta), Perminyakan, Pembangunan/konstruksi, dan juga pada lembaga-lembaga khusus seperti : Direktorat pengawasan gunung berapi, lembaga-lembaga penelitian dan pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar