TEKNIK PERTAMBANGAN

Adalah cabang teknologi yang berkaitan dengan industri mineral, dan bahan galian lainnya. Dalam hal ini bidang studi pertambangan meliputi pencarian dan penentuan nilai ekonomis endapan/cadangan bahan galian (dan air tanah) ; perencanaan, pembukuan, pelaksanaan dan pengembangan berbagai bahan galian, dan pengolahan bahan galian tersebut.

Berdasarkan urutan kegiatan pertambangan diatas, pada jurusan pertambangan terdapat beberapa bidang keahlian/spesialisasi yaitu: tambang eksplorasi, tambang eksploitasi, tambang umum dan metalurgi.

Pada tingkat-tingkat permulaan diberikan ilmu dasar untuk pertambangan, seperti : Geologi, Kimia, Fisika, Mineralogi dan sebagainya.

Kemudian berdasarkan spesialisasi yang ingin diambil diberikan mata kuliah yang lebih khusus, seperti: tambang terbuka, tambang batu bara, tambang bawah tanah, mekanika batuan peledakan (untuk spesialisasi tambang eksploitasi). Mata kuliah: Mikroskopi bijih, Eksplorasi Geofisika dan sebagainya (untuk pertambangan Eksplorasi), serta mata kuliah : Thermodinamika Metalurgi, Pirometalurgi, Metalurgi fisik, Metalurgi besi baja dan sebaginya (untuk pertambangan metalurgi). Mata kuliah geologi fisik, geologi struktur, pengolahan bahan galian (untuk tambang umum). Lapangan kerja lulusan pertambangan antara lain : dalam perusahaan-perusahaan pertambangan pemerintah maupun swasta.

0 komentar:

Posting Komentar