TEKNIK SIPIL

Merupakan cabang teknologi dalam perencanaan, perancangan, pembangunan/ konstruksi dan pengelolaan bangunan baik tempat tinggal, bangunan industri (pembangkit tenaga listrik), sarana pengangkutan (jalan raya, jembatan, lapangan terbang, pelabuhan), maupun bangunan-bangunan untuk pemanfaatan dan pengaturan air (bendungan, jaringan perpipaan, drainasi, sistem pengolahan limbah).

Luasnya ruang lingkup Teknik Sipil melahirkan beberapa Mdang keahlian khusus seperti : keahlian rekayasa struktur bangunan, rekayasa tekhnik bangunan (geoteknik), rekayasa pemanfaatan sumber air, rekayasa manajemen dan konstruksi bangunan, rekayasa transportasi dan sebagainya.

Pengetahuan masalah kekuatan dan kemampuan struktur bangunan merupakan pengetahuan pokok, sehingga dalam jurusan ini mata kuliah-mata kuliah yang berkaitan dengan mekanika mendapat porsi yang besar meliputi : Mekanika Teknik, Mekanika Tanah, Mekanika Fluida, Mekanika Vibrasi dan sebagainya.

Lapangan kerja bagai sarjana Teknik Sipil sangat luas : bidang perencanaan, konsultasi pelaksanaan dan pengawasan, baik pada lembaga pemerintah maupun swasta.

0 komentar:

Posting Komentar