FARMASI

Adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang pembuatan obat-obatan. Ruang lingkup tanggung jawab mulai dari pengadaan senyawa Kimia dalam bentuk terolah atau tak terolah menjadi sediaan yang slap diedarkan (dengan memperhatikan segi-segi Kimia, Fisika dan terapeutik juga estetikanya) ke dalam rantai kehidupan dengan manusia kepada sasaran terakhir.

Pada tingkat-tingkat permulaan, kurikulum farmasi ditekankan pada penguasaan ilmu-ilmu dasar seperti Kimia, Fisika, dan Biologi dengan orientasi ke bidang farmasi melalui Kimia farmasi dan ilmu resep. Pada tingkat-tingkat selanjutnya akan dikonsentrasikan melalui beberapa bidang keahlian : farmakognosi-fitokimia, farmakologi-toksikologi, farmaseutika-biofarmasi, farmasi-rumah sakit, Kimia farmasi, Kimia medisinal dan teknologi farmasi. Setelah menyelesaikan program kesarjanaan, bisa dilanjutkan ke pendidikan profesi farmasi (apoteker).

Bidang pekerjaan sarjana Farmasi sangat luas, mulai dari bidang industri farmasi, (obat insektisida dan lain-lain), jasa perdagangan (pengadaan dan distribusinya), pengawasan mutu perbekalan kesehatan, makanan dan kosmetika, laboratorium klinik Kimia,.Iembaga pendidikan, lembaga penelitian sampai jasa asuransi.

0 komentar:

Posting Komentar