PLANOLOGI

Memusatkan perhatian pada perancangan fisik dengan menggunakan pendekatan yang bersifat menyeluruh dan terpadu, baik pendekatan dari segi fisik/teknik, maupun dari segi ekonomi sosial budaya dan politik. Ilmu ini juga dikenal dengan sebutan Perencanaan Wilayah dan Kota. Oleh karena itu mahasiswa jurusan ini harus memiliki kemampuan berfikir multidisipliner. Ruang lingkupnya meliputi bidang perencanaan regional, perencanaan desa dan kota.

Mata kuliah pada jurusan Planologi antara lain : Pengantar Planologi, Pengantar Ekonomi, Sistem Sosial dan Kependudukan, Ekologi lingkungan, Tata guna Tanah, Sosiologi, Ekonomi perkotaan, Proses Planologi, Administrasi perancangan, Pengantar Transportasi, Teknik evaluasi perancangan, Analisa kebijakan publik dan lain-lain. Pada tahun berikutnya akan diarahkan kepada jalur-jalur utama : jalur perkotaan, jalur pengembangan wilayah dan jalur tranportasi.

Lapangan kerja bagi lulusan Planologi sebagian besar terdapat pada bidang perencanaan, baik pada usaha-usaha swasta seperti biro-biro konsultasi maupun pemerintah.

0 komentar:

Posting Komentar