ILMU-ILMU TEKNOLOGI

Teknologi merupakan suatu kesatuan dari : kegiatan alat pengetahuan yang digunakan manusia untuk memanfaatkan sumber-sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhannya.

Pada jaman purbakala, manusia menggunakan batu, batang kayu dan tulang sebagai alat untuk menggali tanah dan berburu. Teknologi merupakan alat-alat sederhana mulai digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Kemudian kebutuhan untuk memasak makanan dan melawan hawa dingin berhasil dipenuhi dengan lahirnya teknologi pemanfaatan energi yang pertama : yaitu dengan membuat api dengan menggosok-gosokkan batu. Setelah itu berurutan lahir cara pemanfaatan tanah dan bahan­bahan galian unuk keperluan alat-alat rumah tangga dan sebagainya. Mulai alat-alat yang terbuat dari tanah dikeringkan begitu saja, sampai dengan alat-alat dari tembaga, perunggu dan kemudian besi yang harus dilelehkan dulu sebelum dibentuk. Muncul pula teknologi roda, yang menjadi dasar perkembangan alat-alat angkutan dan mesin-mesin. Kemudian alat yang tadinya digerakan oleh manusia dan hewan, berganti dengan mesin-mesin yang digerakkan dengan tenaaga uap, tenaga listrik dan kemudian dengan tenaga nuklir. Teknologi tidak lagi semata-mata untuk suatu kumpulan alat-alat tapi lebih luas lagi, berikut dengan cara-cara pengaturan alat atau mesin tersebut, semua itu berlangsung lama, beribu-ribu tahun berjalan bersamaan dengan perkembangan peradaban umat manusia. Alat-alat, mesin-mesin, bangunan-bangunan dan berbagai kegiatan tadinya mempunyai pengaruh timbal balik dengan kehidupan kemasyarakatan. Kebutuhan manusia yang beraneka ragam melahirkan jenis teknologi yang beraneka ragam pula. Teknologi bangunan dan perencanaan, teknologi transportasi dan komunikasi, teknologi pengolahan bahan-bahan galian, teknologi pembuatan alat-alat dan barang-barang kebutuhan manusia lainnya dan lain sebagainya. Keanekaragaman itu melahirkan berbagai spesialisasi dalam jenis­jenis teknologi tertentu.

Meskipun telah terdapat spesialisasi yang beraneka ragam, dasar-dasar teknologi sebagai suatu pengetahun tetap sama. Untuk dapat mempelajari dan menguasai teknologi diibutuhkan dasar-dasar yang kuat dalam Ilmu-ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Fisika, Kima, Biologi dan sebagainya. Tentu saja dengan titik berat berbeda-beda sesuai dengan spesialisasi yang dipilih.

0 komentar:

Posting Komentar