GEOFISIKA/METEOROLOGI/OSEANOGRAFI

Adalah salah satu cabang Fisika yang mempelajari keadaan fisik bumi, mulai dari pusatnya sampai kebagian atmosfir yang paling luar.

Dalam perkembangannya jurusan ini banyak menurunkan cabang-cabang ilmu yang kemudian menjadi spesialisasi tersendiri seperti : Meteorologi seperti di atas, Oceanografi, Seismologi, Fisika atmosfir, Klimatologi dan lain-lain. Perkembangan tersebut bersamaan dengan pesatnya teknologi. Untuk mempelajari Geofisika, sebagai Fisika terapan, diperlukan penguasaan Matematika dan Fisika yang kuat, karena itu kedua ilmu tersebut merupakan mata pokok dalam kurikulum Geofisika dan Meteorologi. Pada tingkat-tingkat selanjutnya baru diberikan mata kuliah Geofisika padat, Oceanografi, Klimatologi, Meteorologi, Fisika tektonik, Ekologi laut, Geodinamika, Geofisika, Eksplorasi dan sebagainya.

Lapangan pekerjaan bagi sarjana Geofisika dan Meteorologi cukup luas, diantaranya pada eksplorasi pertambangan (minyak ataupun bijih), departemen perhubungan, pertanian dan kontruksi serta pada lembaga-lembaga pendidikan dan penelitian.

0 komentar:

Posting Komentar