KIMIA

Adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang terutama mempelajari sifat-sifat zat dan manfaatnya. Ilmu Kimia memperoleh momentum perkembangan dengan cepat ketika dikertemukannya teknik-teknik dan peralatan-peralatan baru seperti : diafraktometer sinar X, mikroskop elektron dan sebagainya. Sehingga tidak diragukan peranan Kimia, sebagai salah satu faktor pendukung utama perkembangan teknologi dewasa ini.

Kurikulumnya terdiri dari mata kuliah dasar seperti : Kimia fisik, Kimia organik, Kimia Analitik, dan Biokimia serta kuliah-kuliah spesialisasi : Fisika, Kimia, Thermodinamika, Kimia Polimer dan sebagainya.

Lapangan kerja bagi sarjana Kimia cukup luas dan beraneka ragam, baik di lembaga-lembaga pemerintah maupun di perusahaan-perusahaan swasta, mulai dari pekerjaan penelitian untuk industri, sampai kependidikan dan penelitian dasar di perguruan tinggi, laboratorium-laboratorium dan sebagainya memerlukan sarjana Kimia, jumlah tenaga ahli yang diperlukan serta aneka ragam pekerjaannya terus berkembang, seiring dengan perkembangan industri.

0 komentar:

Posting Komentar