TEKNIK GEODESI

Adalah ilmu yang berkaitan dengan masalah-masalah penentuan ukuran dan bentuk bumi, penentuan letak titik-titik tertentu di permukaan bumi, penentuan medan gravitasi di permukaan bumi dan penentuan besar serta arah gaya fisis antara bumi dengan benda di permukaan maupun di angkasa sekitarnya. Kegunaan dari kegiatan tersebut antara lain dalam penentuan struktur kulit bumi dan matel bumi, pemetaan, navigasi, prospeksi geofisik dan penentuan orbit satelit-satelit buatan.

Pengukuran dan pengamatan yang merupakan bagian dari geodesi ini membutuhkan dasar-dasar matematikan dan fisika, selain itu dibutuhkan pula kemampuan imajinasi untuk membayangkan konsep jagat raya serta konsep bumi ini sendiri secara keseluruhan.

Kurikulum jurusan geodesi antara lain meliputi mata kuliah : matematika, fisika, hukum laut, pemetaan digital, ilmu ukur tanah, geodesi satelit, analisis numerik dan sebagainya. Pada tahun-tahun terakhir akan dikonsentrasikan pada bidang keahlian : geodesi, pemetaan darat, survei kelautan, fotogrametri, kartografi, pertanahan dan penginderaan jarak jauh.

Lapangan kerja yang tersedia bagi lulusan pendidikan Geodesi ini adalah semua sektor yang menggunakan data geografis sebagai dasar pengambilan keputusan antara lain : Pada perusahaan­perusahaan atau biro-biro konsultasi dalam bidang pengukuran tanah untuk pembangunan atau pada industri konsultasi enginering, serta pada lembaga-lembaga pemerintah seperti : Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional), Badan Pertanahan Nasinal (BPN), Departemen PU, Bappenas.

0 komentar:

Posting Komentar