TEKNIK KIMIA

Merupakan suatu ilmu pengetahuan terapan perancangan, pembangunan dan pelaksanaan operasi dari pabrik-pabrik yang mengolah bahan-bahan mentah menjadi berbagai produk melalui proses Kimiawi. Industri yang dijangkau oleh teknologi Kimia ini luas sekali seperti : bijih, batu bara, gas minyak, air dan udara yang mengalami proses Kimiawi, sehingga menghasilkan produk-produk seperti : pelbagai jenis logam, bensin pupuk buatan, serat buatan, plastik, antibiotik, "bubur"/pulp kertas, PetroKimia dan sebagainya.

Mahasiswa dituntut untuk menguasai betul ilmu dasar yang menjadi inti jurusan ini yaitu: Matematika, Fisika, Kimia serta Mikrobiologi. Mata kuliah dalam jurusan ini antara lain : kalkulus, termodinamika, kimia analitik, mekanika fluida dan partikel, manajemen proyek, evaluasi ekonomi pabrik, teknik reaktor Kimia, rancangan pabrik Kimia dan sebagainya.

Lapangan kerja bagi lulusan sarjana teknologi Kimia terdapat pada pelbagai industri pengolahan minyak dan gas bumi seperti Pertamina, Schlumberger, Chevron, Conoco Philips, Total, BP Indonesia, Medco. Atau industri kimia termasuk Perusahaan Gas Negara, petrokimia, Unilever. Serta di industri semen, kertas, tekstil, cat, obat-obatan, Departemen Perindustrian, institusi penelitian, dan institusi pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar